Monday, March 7, 2011

"Roh Terletak di Mana?"

Hari pertama clerkship, kuliah hari ini adalah Farmasi klinik (tentang obat dan resep), Interna (penyakit dalam), Pediatri (Anak), dan Psikiatri (kedokteran jiwa). Some quotes of the day:

-Psikiatri-
"Roh atau soul itu beda dengan jiwa atau mind. Kalau manusia mati, maka jiwanya akan mati karena jiwa itu ada di otak."

Q: "Jadi roh itu ada di mana?"
A guy who sat behind me: "Melayang-layang."
Me: --"

"Selama ini kita menjudge orang-orang psikopat tanpa tahu sebenarnya psikopat itu apa. Padahal dari 10 orang psikotik hanya 1 orang yang benar-benar schizophrenia."

Q:"Apakah kalian masih menstigma penderita psikosa?"
Some students: "Yaa.."
Q: "Kira-kira kenapa?"
A1: "Tidak tahu..."
Q: "Tidak tahu alasan menstigma atau ketidaktahuan akan psikotik itu sendiri?"
A2: "Karena takut..."

"Di sini adakah yang suka melakukan kegiatan yang berulang-ulang? Atau terlalu sering negative thinking dan emosian? Itu bisa salah satu gejala psikopatologis. Hati-hati karena kumpulan gejala-gejala tersebut bisa menjadi gangguan psikologis."


-Pediatri-
"Virus juga punya hak untuk hidup. Jangan saling membunuh antar makhluk hidup. Jadi kalau dibilang infeksi adalah upaya tubuh membunuh mikroba itu kurang tepat, seharusnya adalah upaya tubuh mempertahankan diri."

"Nyamuk itu juga punya hak rekreasi loh."

"Pemeriksaan fisik itu nggak penting punya stetoskop yang ada mickey mouse-nya. Yang penting adalah pemeriksaan dengan menggunakan otak, bukan hanya menggerayangi pasien saja."


-Interna-
"Mau jadi dokter atau pengusaha?" BlogBooster-The most productive way for mobile blogging. BlogBooster is a multi-service blog editor for iPhone, Android, WebOs and your desktop

No comments:

Post a Comment